Senin, 15 Juni 2020

Emang semua lagu Arab itu religi?

Emang semua lagu Arab itu religi?

Helloww, welcome back to my blog,,,,,,
Bertemu lagi dengan Diva kali ini.
Jadi, hari ini Diva mau sedikit berbagi tentang lagu-lagu Arab. Sekitar satu tahun yang lalu, Diva sudah menonton satu film yang bener-bener trending kemunculannya. Film keluaran walt Disney yang mengusung cerita kisah cinta seorang Putri Kerajaan Agrabah. Bisa kalian tebak film apa itu? Yeaaayy benar, Aladdin.

Banyak sekali reviewer yang bilang, kalau film Aladdin itu bagus dan punya ciri khas yang bahkan semua orang udah nggak asing lagi sama salah satu film garapan sutradara Guy Ritchie. Ciri khas yang bisa buat kita terngiang-ngiang sama film Aladdin itu, kaya salah satu kutipan percakapan Aladdin sama Princess Jasmine “ Do you trust me?”, terus kehadiran si Genie dengan wujud biru dan kepang satu yang khas banget dan yang terakhir soundtrack film Aladdin itu sendiri. 

Masih ingat sama lirik  “ Arabian night, like Arabian days” penggalan reff dari lagu Arabian Night yang menjadi pembuka film Aladdin. Yapp, lagu Arabian Night seakan membawa kita pada cerita dengan latar belakang di salah satu wilayah Arab dan langsung membayangkan padang pasir dan onta yang lagi jalan di tengah hamparan padang pasir yang luas.

Tapi, sangat disayangkan, banyak orang yang menganggap kalau lagu-lagu Arab atau yang banyak disebut lagu padang pasir, sebagai lagu religi.

Kenapa ya? Ada beberapa hal yang bisa menggiring kita ke opini kalau lagu-lagu arab itu lagu religi. Pertama, penggunaan bahasa arab, walaupun lagu-lagu arab sudah banyak yang menggunakan bahasa inggris, perancis atau bahasa lain, masih banyak juga penyanyi yang menggunakan bahasa arab sebagai bagian dalam lirik mereka. Banyak orang yang beranggapan bahwa bahasa arab lekat dengan salah satu agama mayoritas di arab dan akhirnya beranggapan lagu-lagu arab itu lagu religi. Kedua, ada beberapa penyanyi religi yang memakai bahasa arab sebagai salah satu bagian dalam lirik mereka, so orang-orang dengan mudah mengecap kalau banyak lagu religi pakai bahasa arab, berarti semua lagu dengan lirik bahasa arab itu lagu religi.

Lagu apa aja sih yang sering buat kita salah kaprah dan kira itu lagu religi? Banyak banget, pokoknya yang penting ada bahasa arab, alunan lagu arab aja kita kadang suka mikir “ wahh ni lagu religi nihhh”. Kaya contohnya lagu Ya Tabtab yang ternyata menceritakan tentang rasa kesal seorang wanita terhadap pasangannya.

Sangat disayangkan sihh hal-hal kecil ini malah membuat kita sering salah kaprah, apalagi niatnya mau muterin lagu religi ehh ternyata lagu cinta yang kita putar. Emang gimana sih Div caranya bisa tahu kalau lagu Arab yang mau kita putar itu lagu religi apa bukan? Caranya mudah banget guys, kita tinggal searching aja buat pastiin lagu itu nyeritain apa. Jadi, udah paham kan kalau hal yang selama ini kita kira biasa saja, ternyata juga cukup berpengaruh?

0 komentar:

Posting Komentar

 

Divaas's stories Template by Ipietoon Cute Blog Design